Monday, August 12, 2013

Yoga Sanshta Mataram Gelar Training Of Trainer Yoga

Oleh: Wayan Wyasa

Yoga Sanshta Mataram menggelar Training Of Trainer (TOT) Yoga atas kerja sama dengan Indra Udayana Institute Of Wedanta Klungkung selama 3 hari, dari tanggal 17 s/d 19 Mei 2013, di GEC Rinjani Golf Narmada. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan pelatihan dan pemahaman tentang Yoga, sehingga dapat mencetak instruktur instruktur yoga yang berkualitas dan profesional, ke depan pun diharapkan peserta TOT Yoga mampu memberikan pelayanan dan mensosialisasikan yoga secara benar kepada pecinta yoga dan masyarakat, yang mana selama ini masih tabu bagi sebagian masyarakat

Menurut Ketua Yoga Sanshta, I Wayan Wiase, S.Pd.H mengatakan” Kegiatan ini diikuti 18 orang peserta meliputi dari unsur Dosen, Mahasiswa dan Umum yang tetap antusias sampai acara berakhir” Sementara Key note Speaker BR. Indra Udayana dalam sambutannya menyampaikan tentang Yoga dan kehidupan “ Bahwa yoga di era modern menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi setiap orang dalam menyikapi kerasnya tantangan hidup dalam mewujudkan kedamaian “ Beliau juga memberikan apresiasi kepada Yoga Sanshta atas gagasannya mengadakan kegiatan ini.

Nara sumber dalam kegiatan ini di isi oleh praktisi Yoga dan meditasi diantaranya DR. I Gede Suwantana selaku Direktur Indra Udayana Institute Of Wedanta, Ketut Edi Ariawan, M.Pd.H selaku Pembina Yoga Sanshta, I Gede Agus Suparta, S.Ag dari Asrham Gandhi Puri, Mr. Dave Forgaty dan Mrs.Felesity dari Amerika serikat. Nara sumber menyampaikan materi secara teori dan praktik secara langsung (workshop) yang meliputi tentang Astanga Yoga, Hatha Yoga, Asana, Pranayama, bandha, Mudra, Cakra, meditasi dan teknik teknik dalam melatih yoga.

Selain itu disela sela kegiatan diselingi juga dengan hiburan yang memadukan antara tarian dengan teknik yoga yang disumbangkan oleh Dharma Duta Asrham Gandhi Puri melalui Sacret Art yang memperlihatkan aktraksi yang menyedot perhatian peserta dan penonton. Acara berakhir dengan penuh suka cita dan rasa persaudaran diantara peserta, nara sumber maupun panitia.

No comments:

Post a Comment